Pengabdian

Pengabdian

Community Medicine Dokter Muda Periode Februari 2017

Pembangunan kesehatan merupakan bagian dari pembangunan yang bertujuan meningkatkan kesadaran dan pembangunan kesehatan tersebut merupakan upaya seluruh potensi bangsa Indonesia baik dari masyarakat, swasta, maupun pemerintah.
Negara yang makmur, menandakan bahwa rakyatnya juga makmur dan kemakmuran ini di dukung banyak hal, salah satunya yaitu di bidang kesehatan. Tercapainya taraf kesehatan yang baik akan membawa suatu dampak yang positif pula bagi Negara tersebut.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga mengadakan program CM (Community Medicine) bagi mahasiswa kepaniteraan muda. Secara umum pendidikan dokter di Indonesia bertujuan untuk menyiapkan dokter yang handal tidak hanya dalam kemampuan medis, tetapi juga kemampuan berkomunikasi dan bekerja dalam masyarakat serta lingkungan serta mampu menjalankan pelayanan kesehatan paripurna (promotif, preventif, kuratif dan rehebilitatif) dengan memanfaatkan ilmu kedokteran secara multidisiplin/interdisiplin pada masyarakat di daerah tertentu dengan menggunakan sumber daya yang tersedia dan mengikutsertakan peran serta masyarakat setempat sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan melakukan pendekatan konsep kedokteran komunitas dan kedokteran keluarga serta melatih diri dalam keterampilan kedokteran di lapangan. Hal ini diharapkan akan berdampak pada keberhasilan pemerataan pembangunan di segala bidang, terutama di bidang kesehatan.