Kurikulum

Kurikulum

Kurikulum Program Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Tahun 2016

Kurikulum Kepaniteraan Klinik I

PATKLIN 1 SKS ELEKTIF 1
I. Penyakit Dalam 7 Kedaruratan Medik
I. Kesehatan Anak 6 Cardiac Emengency
Neurologi 3 Kedaruratan Pediatri
I. Kedokteran Jiwa 3 Paternitas dan Mediko Legal
Farmakologi dan Terapi 1 Palliative Care
Kedokteran Forensik dan Mediko Legal 2 HIV – AIDS
Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin 2
Radiologi 1
Rehabilitasi Medik 1
26 SKS 1 SKS

Kurikulum Kepaniteraan Klinik II

PATKLIN 2 SKS ELEKTIF 2 Comprehensive Medical Knowledge and Clinical Skills SKS
Ilmu Bedah 6 Managemen Bencana 5
Obsteri & Ginekologi 6 Obstetri Sosial + KB
Ilmu Kesehatan Mata 2 Kedaruratan Obstetri
Ilmu Kesehatan THT – KL 2 Primary Trauma Care
Anestesiologi & Reanimasi 2 Dokter Keluarga
IKM – KP 4
Community Medicine 2
24 SKS 1 SKS 5 SKS

Deskripsi Mata Kuliah Kepaniteraan Klinik I dan II

Deskripsi Mata Kuliah Modul Paliatif Pendidikan Dokter Tahap Profesi

DESKRIPSI MODUL ELEKTIF PRODI PENDIDIKAN DOKTER TAHAP PROFESI
Modul Paternitas dan Mediko Legal
Modul Paternitas dan Mediko Legal dengan penanggung jawab modul Dr.Ahmad Yudianto,dr.SpF,SH,M.Kes.
Modul ini dirancang dengan tujuan agar mahasiswa mampu memahami proses pemeriksaan tes paternitas yang sahih dan relevan dengan pengetahuan kedokteran tingkat dasar. Metode pembelajaran modul ini berbentuk kuliah interaktif oleh pakar terkait dan diskusi contoh kasus yang relevan dengan pokok bahasan.
Materi yang disampaikan dalam modul ini tentang pengertian tes paternitas, koleksi-penanganan sampel untuk pemeriksaan paternitas, aspek hukum pemeriksaan tes paternitas, Isolasi/ekstraksi DNA & PCR, Restriction Fragment Length Polymorfism (RFLP) & Short Tandem Repeat/Variable Number Tandem Repeat (STR/VNTR), Y-Chromosome Forensik & mtDNA Forensik, dan kendala pemeriksaan tes paternitas.
Modul Obstetri dan Ginekologi Sosial
Suatu modul pembelajaran dengan rangkaian kegiatan pembelajaran  berbentuk kuliah interaktif oleh pakar terkait, tutorial, praktek dengan alat peraga, dan diskusi kasus.
Modul ini bertujuan agar mahasiswa dapat memberikan pelayanan kehamilan, persalinan dan nifas, penanganan keguguran yang aman, deteksi dini keganasan organ reproduksi, deteksi dini IMS/ISR dan mengetahui sistem rujukan serta mampu menganalisis kematian ibu dan bayi serta pengetahuan dan ketrampilan pelayanan kontrasepsi terkini yang tepat guna dan berkualitas tinggi dengan standar yang telah ditetapkan.
Kedaruratan Medik
Suatu modul pembelajaran dengan metode PBL melalui rangkaian kegiatan kuliah interaktif kegiatan diskusi tanya jawab, tutorial, simulasi kasus, peninjauan pasien langsung di lapangan, dan presentasi kasus dalam diskusi pleno.  Modul ini mengintegrasikan antara teori dan kasus di lapangan sehingga membantu mahasiswa untuk melakukan penilaian dan penyelesaian kasus yang dihadapi.
Materi yang disampaikan meliputi: syok, kegawatan endokrin, penurunan kesadaran dan delirium, anafilaktik dan reaksi alergi, gangguan elektrolit dan asam basa, perdarahan saluran cerna dan intoksikasi.
Modul Manajemen Bencana
Modul Managemen Bencana merupakan suatu modul pembelajaran interaktif dengan metode PBL melalui rangkaian kegiatan pembelajaran berbentuk kuliah interaktif oleh pakar terkait, diskusi, simulasi kasus dan praktek lapangan yang terkait dengan penanganan kegawatdaruratan musibah masal di tempat kejadian dan selama transportasi pra RS.
Materi yang disampaikan meliputi dasar dasar penanganan musibah masal, sistem penanggulangan gawat darurat terpadu, pola penanganan di tempat kejadian dan transportasi emergensi pada korban musibah masal, pemberdayaan awam khusus dalam transportasi darurat korban musibah masal, pola penanganan korban luka musibah masal di fasilitas kesehatan, dasar dasar penanganan bencana kimia dan terorisme, penanganan medik intoksikasi gas beracun.
Modul Kedaruratan Pediatri
Modul Kedaruratan Pediatri adalah pembelajaran tentang penanganan awal pasien dengan kedaruratan pediatri dan neonatus, yang meliputi menilai bayi dan anak dengan kegawatan; Pediatric Basic Life Support; resusitasi bayi baru lahir; tatalaksana anak dengan kejang, serangan asma, hipoglikemia, gangguan irama jantung, penurunan kesadaran dan anak dengan syok.

Sistem pembelajaran dilakukan dengan pemberian materi dengan kuliah, tutorial skill lab, dan diskusi kasus

Modul Perawatan Paliatif    
Tujuan modul ini adalah agar mahasiwa dapat memahami dan melakukan Perawatan Paliatif secara holistik. Sistem pembelajaran modul ini dengan kuliah interaktif dan aplikasi klinis di Poli Paliatif dan Bebas Nyeri RSUD Dr Soetomo.
Adapun materi yang disampaikan meliputi Filosofi Perawatan Paliatif; Pendekatan Perawatan Paliatif secara Interdisipliner dan komprehensif; Etik dalam Perawatan Paliatif dan managed care in Palliative; Komunikasi dalam Perawatan Paliatif; Aspek Psikososiospiritual dalam Perawatan dan the meaningfull life, good death and bereavement;  Penatalaksanaan Nyeri dan keluhan selain nyeri dalam Perawatan Paliatif; Manajemen opioid dalam Perawatan Paliatif; Perawatan luka dan stoma; Emergensi dalam Perawatan Paliatif; Rehabilitasi Medik dalam Perawatan Paliatif; Tindakan Bedah, Radioterapi dan kemoterapi dalam Perawatan Paliatif;  Perawatan Paliatif pada kanker ginekologi stadium lanjut; Perawatan Paliatif pada anak; dan Problem respiratori dan neurologis pada Perawatan Paliatif.