Informasi

Informasi

INFORMASI PENELITIAN

Sesuai Surat Dirjen Dikti No. 152/E/T/2012 tentang Wajib Publikasi Ilmiah Bagi S1/S2/S3, maka Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga,berkewajiban untuk memfasilitasi mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter untuk dapat memenuhi ketentuan tersebut. Untuk mencapai hal itu, dalam kurikulum pendidikan dokter tahun 2005. terdapat modul penelitian 1 dan 2, masing-masing untuk pembuatan proposal dan pembuatan karya ilmiah.

A. SOP Penentuan tema/topik/ Judul Penelitian

1. PJM dengan fasilitasi dari wadek 1, mengundang KPPM (Korlit) untuk meminta daftar topik dan nama pembimbing untuk mahasiswa sem
4 prodi pendidikan dokter
2. Masing2 KPPM merundingkan daftar topik di departemen bersama
Kadep dan staf .
3. Daftar tema/topik dikirimkan oleh KPPM dengan sepengetahun
Kadep kepada PJM
4. PJM mengkompilasi tema/topik seluruh departemen dan menyiapkan untuk dipilih mahasiswa
5. Mahasiswa mengisi formulir online untuk mengambil topik yang
sesuai
6. PJM menentukan topik dan pembimbing, sesuai pilihan mahasiswa, kapasitas topik dan usulan nama pembimbing dari departemen ybs.

B. SOP Pembimbingan Proposal

1. PJM bersurat kepada wadek1, melampirkan daftar mahasiswa, topik/judul dan nama Dosen Pembimbing 1 dan 2 mohon untuk dibuatkan pengantar ke departemen yang bersangkutan, tembusan ke mahasiswa.
2. Mahasiswa mendapatkan logbook pembimbingan dari PJM.
3. Mahasiswa menghadap dosen pembimbing 1 dan 2.
4. Pembimbingan pembuatan proposal berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh PJM.
5. Bimbingan minimal 4 kali tatap muka, permasing-masing pembimbing.
6. Dosen tandatangan pada buku log mahasiswa setiap kali selesai bimbingan.

C. SOP Penilaian Proposal
1. Setelah selesai pembimbingan proposal, mahasiwa meminta dosen pembimbing 1 dan 2 menandatangani lembar pengesahan.
2. Mahasiwa mengirim proposal terjilid kepada masing-masing pembimbing
3. Mahasiswa menyerahkan proposal terjilid yang sudah ditandatangani dosen pembimbing kepada PJM
4. PJM mengirim formulir penilaian online untuk dosen pembimbing 1 dan 2.
5. Dosen pembimbing melakukan penilaian proposal dan mengisi formulir penilaian online.
6. PJM melakukan rekapitulasi nilai seluruh mahasiswa.
7. PJM mengupload nilai pada cyber sistem.

D. SOP Memulai penelitian

1. Mahasiswa mengisi formulir (manual) blanko permohonan ijin penelitian sesuai tujuan dan lokasi penelitian (termasuk ke komisi etik dan Bakesbangpol ) dan menyerahkan kepada PJM.
2. PJM bersurat ke wadek 1, meminta wadek 1 untuk mohon ijin
kepada pimpinan tempat penelitian mahasiswa.
3. Wadek 1 mengirimkan surat kepada pimpinan tempat penelitian, tembusan kepada peneliti, dosen pembimbing, mahasiswa dan PJM
4. Surat balasan diterima oleh wadek 1, disampaikan kepada
mahasiswa ybs, dosen dan PJM
5. Penelitian dimulai.

E. SOP Penilaian Karya Tulis Ilmiah
1. Mahasiswa dan Dosen Pembimbing mengusulkan, waktu sidang dan nama Penguji kepada PJM
2. PJM bersurat kepada Wadek 1, untuk memberi surat tugas dan mengundang penguji pada tempat dan waktu sesuai kesepakatan
3. Penjadwalan ujian sekurang-kurangnya satu minggu sebelum ujian yang direncanakan.