Mahasiswa FK Sabet Medali Perak Di Ajang Olimpiade Matematika Internasional

Mahasiswa FK Sabet Medali Perak Di Ajang Olimpiade Matematika Internasional

image
By On Tuesday, September 12 th, 2017 · no Comments · In

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga kembali mendulang prestasi. Adalah Jefferson Caesario, mahasiswa pendidikan dokter yang dalam kesempatan ini berhasil menyabet medali perak dalam ajang bergengsi olimpiade International Mathematics Competition (IMC) 2017.

Ajang ini diikuti oleh sebanyak 331 peserta dari sekitar 60 negara. Nama Jefferson Caesario menduduki peringkat ke dua mewakili Universitas Airlangga setelah Stephen Sanjaya dari Universitas Pelita Harapan. Pencapaian ini terbilang sebagai capaian tertinggi dan terlengkap selama Indonesia mengikuti IMC.

Ini bukan kali pertama Jefferson memenangkan olimpiade matematika. Tahun lalu, Jefferson berhasil meraih medali perunggu pada ajang yang sama di Bulgaria tahun 2016. Yang unik, saat itu Jefferson yang masih berada di semester awal berani adu ketangkasan diantara sekian banyak kompetitor lainnya yang mayoritas sudah semester akhir.

Kemenangan Jefferson yang pertama itu mendapat apresiasi langsung dari Rektor UNAIR Prof. Dr. H. Mohammad Nasih, MT., SE., Ak., CMA dan Wakil Rektor I Prof. Djoko Santoso, dr., Sp.PD-KGH., Ph.D., FINASIM.

Menurut Prof Djoko, apa yang diraih oleh Jefferson adalah bentuk keaktifan UNAIR di kancah internasional. Tak bisa dipungkiri, tingkat kompetisi di ajang seperti ini sangat ketat. Bisa membawa pulang medali perunggu, merupakan kebanggaan yang luar biasa. “Dia ini tidak hanya representasi UNAIR. Melainkan, juga representasi Indonesia,” ungkap Prof Djoko.

IMC merupakan kompetisi langganan yang diikuti Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) Indonesia. Setiap tahunnya, Kemenristek Dikti mengirimkan 9 mahasiswa terbaiknya dalam kompetisi IMC.

Sembilan mahasiswa tersebut dipilih dari sebuah seleksi yang diikuti oleh 20 peserta ON-MIPA (Olimpiade Nasional Matematika dan IPA) dan juara 1 OSN (Olimpiade Sains Nasional) Pertamina. Bertepatan dengan keberhasilan Jefferson menyabet juara 1 OSN Pertamina pada tahun 2015, dia berkesempatan mengikuti seleksi dan bahkan terpilih menjadi salah satu dari 9 delegasi IMC 2016 dan kembali menjadi delegasi IMC di tahun 2017.

Sumber :

Rektor Terima Jefferson, Mahasiswa Peraih Medali Perak di Bulgaria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *